PLN Bangun Emergency Tower, 92,1 Persen Listrik di NTT Pulih

Kupang, NTT

Perusahaan Listrik Negara atau PT. PLN (Persero) berhasil memulihkan 92,1 persen sistem kelistrikan yang terdampak badai siklon seroja di Nusa Tenggara Timur.

Pemulihan kelistrikian itu ditandai dengan pengoperasian menara darurat (tower emergency) di Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang untuk mengalirkan energi listrik dari Kota Kupang ke Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Belu.

“Puji syukur dengan kerja keras dan sinergitas PLN Group dibantu TNI-Polri, Stakeholder dan masyarakat, kita berhasil mengoperasikan tower emergency yang berdampak positif berupa 99 persen kelistrikan di empat kabupaten di Pulau Timor yang sebelumnya terdampak telah pulih kembali,” ungkap Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda kepada wartawan melalui aplikasi zoom, Senin (19/4/2021).

Baca Juga:  PLN Janji, 42 Desa di Rote Tahun Ini Nikmati Listrik

Syamsul Huda menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak yang telah berkontribusi menyelesaikan pembangunan dan pengoperasian tower emergency lebih cepat dari target, kendati dihantui pandemi COVID-19 dan bulan puasa.

Baca Juga:  Tanpa Listrik di Tengah Kota, Warga Harlain - Londalusi Minta Perhatian Pemerintah

Untuk diketahui, emergency tower yang digunakan untuk memulihkan kelistrikan di NTT setinggi 63 meter.

Pengerjaan tower tersebut diselesaikan dan dioperasikan lebih cepat dari target yang ditentukan berkat kerja sama yang baik oleh 117 personil gabungan dari PLN, TNI dan Masyarakat.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT, Isyak Nuka, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada personil PLN yang telah bekerja keras mewujudkan harapan masyarakat NTT dari sisi kelistrikan.

Baca Juga:  Tanpa Listrik di Tengah Kota, Warga Harlain - Londalusi Minta Perhatian Pemerintah

“Kita sudah terbiasa dengan terang, tiba-tiba gelap itu tentu meresahkan. Tanpa adanya jiwa pengorbanan dari teman-teman PLN, belum tentu ini akan terwujud dalam waktu singkat,” ungkap Isyak

Hingga Senin (19/4/2021) pukul 12.00 Wita, PLN telah berhasil memulihkan 3.694 gardu yang terdampak, sehingga sebanyak 595.725 pelanggan di NTT sudah bisa kembali menikmati listrik.

Untuk mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mangaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile. (MBN01)

Komentar